Deteksi Mutasi gen Voltage Gated Sodium Channel Aedes aegypti sebagai Penanda Resistensi Insektisida Sintetik Piretroid

Ahmad Ghiffari, Humairo Fatimi

Deteksi Mutasi gen Voltage Gated Sodium Channel Aedes aegypti sebagai Penanda Resistensi Insektisida Sintetik Piretroid

Abstract


Aedes aegypti merupakan vektor berbagai patogen, diantaranya yellow fever dan virus dengue fever. Lebih dari 100 negara pernah mengalami kasus dan 500 ribu kasus demam berdarah dengue (DBD) dengan rata-rata jumlah kematian sebanyak 24.000 kasus. Sampai saat ini obat maupun vaksin belum ditemukan dan pengendalian vektor merupakan alternatif cara untuk memutus rantai penularan. Penggunaaan insektisida sintetik piretroid pernah berhasil menurunkan kasus tetapi incidence rate beberapa tahun terakhir sulit diturunkan dan terjadi beberapa kejadian luar biasa, diduga terjadi resistensi.
Resistensi bisa dideteksi melalui dua cara yaitu melalui deteksi perubahan enzim detoksifikasi dan deteksi mutasi gen voltage gated sodium channel. Deteksi perubahan enzim yaitu deteksi peningkatan kadar enzim yang mendetoksifikasi insektisida sehingga jumlah insektisida menjadi berkurang dan tidak mampu membunuh. Deteksi menggunakan enzim terbukti efektif namun beberapa tahun terakhir dilaporkan kejadian resistensi yang tidak disertai peningkatan enzim detoksifikasi sehingga diduga telah terjadi resistensi yang berhubungan langsung pada sel target insektisida. Cara deteksi insektisida dengan deteksi mutasi gen voltage gated sodium channel (VGSC) dapat menilai langsung perubahan pada sel target tempat kerja insektisida. Mutasi sel target pertama diketahui terjadi pada lalat M. domestica, lalat yang secara enzimatik tidak resistensi namun ternyata telah kebal dengan penyemprotan insektisida, Sampai saat ini telah ditemukan 26 titik mutasi yang berhubungan dengan resistensi VGSC oleh insektisida piretroid, namun pada titik yang berbeda pada masing-masing serangga. Pada Aedes aegypti diketahui mutasi gen terjadi pada tujuh titik mutasi, salah satunya yang berkaitan dengan timbulnya resistensi terhadap insektisida sintetik piretroid akan djelaskan pada penulisan tinjauan pustaka ini.

Keywords


Aedes aegypti, resistensi insektisida, deteksi mutasi VGSC

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SPIRAKEL (p-ISSN: 2086-1346, e-ISSN: 2354-8819) is published by Loka Penelitian dan Pengembangan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang Baturaja, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Ministry of Health of Republic of Indonesia

Indexing:

Visitor Number : 

free
web stats
View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Internasional License