HUBUNGAN KADAR TSH PADA AWAL KEHAMILAN DENGAN PERKEMBANGAN MENTAL PSIKOMOTOR BAYI DI DAERAH ENDEMIK GAKI

Yusi Dwi Nurcahyani

Abstract


Latar belakang. Gangguan fungsi tiroid ibu selama awal kehamilan dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan syaraf janin. Nilai kadar TSH yang ekstrim secara biokimia dapat menjadi penanda tahap awal penyakit tiroid. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara kadar serum TSH rendah pada ibu hamil terhadap perkembangan mental dan psikomotor bayi di daerah endemik GAKI.

Metode penelitian Penelitian potong lintang ini dilakukan di Kabupaten Magelang, karena penduduk di daerah endemik GAKI berisiko menderita hipertiroid karena mendapat asupan yang tinggi iodium dalam program pencegahan GAKI. Hasil skrining pada ibu hamil dengan usia kehamilan < 16 minggu ditemukan 67 ibu hamil, jumlah subyek yang memenuhi kriteria eksklusi dan inklusi menjadi 64 bayi, 31 bayi dari kelompok ibu TSH rendah waktu hamil dan 33 bayi dari kelompok ibu TSH normal waktu hamil. Kadar TSH ibu dan bayi dianalisa dengan metode ELISA. Perkembangan psikomotor dan mental diukur dengan Bayley Scale Infant Development II Kit saat bayi berumur < 10 Analisis data menggunakan uji regresi linier

Hasil: Tidak ada perbedaan karakteristik dan riwayat persalinan ibu antara kelompok TSH rendah dan kelompok TSH normal, kecuali konsumsi kapsul iodium pertahun selama 3 tahun terakhir (54,8% vs 34,3%) dan cara melahirkan dengan tindakan lebih tinggi pada kelompok TSH rendah, secara statistik signifkan (p < 0,05). Tidak ada perbedaan signifikan skor perkembangan psikomotor (89,77 ± 11,16 vs 90,39 ± 10,68) dan mental (95,19 ± 5,91 vs 95,21 ± 7,14) pada bayi antara kelompok TSH rendah dibanding kelompok TSH normal. Analisis multivariat menunjukkan bahwa perkembangan psikomotor tidak berhubungan dengan status TSH ibu, tetapi dipengaruhi oleh status gizi PB/U.

Kesimpulan : Kadar TSH yang rendah pada ibu hamil < 16 minggu tidak berpengaruh terhadap perkembangan psikomotor dan mental bayi.


Keywords


TSH ibu hamil, psikomotor, mental, status gizi, GAKI

Full Text: PDF

Jurnal Kesehatan Reproduksi (p-ISSN: 2087-703X, e-ISSN: 2354-8762) indexed by: