FACTORS INFLUENCING CONDOM USE BEHAVIOUR AMONG INJECTING DRUG USERS (IDUS) IN SEMARANG, CENTRAL JAVA

Any Setyawati, Bagoes Widjanarko, Budi Laksono

FACTORS INFLUENCING CONDOM USE BEHAVIOUR AMONG INJECTING DRUG USERS (IDUS) IN SEMARANG, CENTRAL JAVA

Abstract


Latar Belakang: Hubungan seks telah diidentifikasi sebagai sumber utama penularan HIV dari pengguna narkoba suntik (penasun) untuk pasangan seksual mereka. Studi sebelumnya menunjukkan bahwa penggunaan kondom di kalangan IDU masih rendah.

Tujuan: Penggunaan kondom telah diidentifikasi sebagai salah satu metode paling efektif untuk mencegah HIV dan AIDS melalui kontak seksual.

Metode: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi penggunaan kondom di kalangan IDU penelitian explenalory dan 64 IDU dipilih menggunakan teknik accidental sampling.

Hasil: menunjukkan bahwa hanya 40,6% dari penasun sering tidak menggunakan kondom selama hubungan seks pasangan mereka dalam periode enam bulan terakhir.

Kesimpulan: Beberapa variabel seperti melihat hambatan dan isyarat eksternal untuk bertindak secara signifikan terkait dengan penggunaan kondom di kalangan IDU Analisis regresi logistik menunjukkan bahwa persepsi yang baik pada isyarat eksternal untuk tindakan adalah prediktor penggunaan kondom di kalangan IDU.

 

Kata kunci: penasun, penggunaan kondom, HIV dan AIDS


Full Text: PDF

Jurnal Kesehatan Reproduksi (p-ISSN: 2087-703X, e-ISSN: 2354-8762) indexed by: