Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Penyakit Bersumber Binatang?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN ARTIKEL

JURNAL PENYAKIT BERSUMBER BINATANG

Jurnal Penyakit Bersumber Binatang merupakan jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel mengenai berbagai aspek yang berkaitan dengan bidang penyakit bersumber binatang. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia, maksimum 15 halaman, setiap naskah yang masuk dalam Jurnal Penyakit Bersumber Binatang akan ditelaah oleh dewan redaksi dan sekurang-kurangnya satu orang mitra bestari (peer-reviewer) yang identitasnya akan dirahasiakan. Dewan Redaksi berhak meminta penulis untuk memperbaikinya sebelum naskah dikirimkan kepada mitra bestari

PENGIRIMAN NASKAH

Format file naskah. Naskah yang dikirimkan harus dalam format file Microsoft Word Surat Pengantar (cover letter). Penulis juga harus mencamtumkan surat pengantar, pernyataan bahwa naskah sedang tidak di publikasikan di jurnal ilmiah yang lain. Cara pengiriman naskah. Naskah dan surat pengantar dapat dikirimkan melalui :

  1. Surat elektronik (e-mail) yaitu mengirimkan langsung ke alamat e-mail redaksi jurnal : jurnallokawkb@gmail.com
  2. Jasa pengiriman. Artikel ditujukan kepada Redaksi Jurnal Penyakit Bersumber Binatang dengan alamat  Loka Litbang P2B2 Waikabubak, Jl Basuki Rahmat KM 5 Puu Weri Waikabubak Sumba Barat Nusa Tenggara Timur

FORMAT NASKAH

  1. Naskah diketik dengan jenis huruf Times New Roman, font 12, spasi rangkap pada kertas A4. Batas tepi (margin) pada setiap sisi masing-masing 3 cm.
  2. Nomor halaman ditempatkan pada bagian kanan bawah.
  3. Tabel dan gambar harus jelas. Teks dan angka dalam gambar dan tabel menggunakan huruf Times New Roman, font 10.

SISTIMARIKA ARTIKEL DARI HASIL PENELITIAN :

  1. JUDUL
  2. ABSTRAK (termasuk kata kunci) dalam bahasa Indonesia dan Inggris
  3. PENDAHULUAN
  4. BAHAN DAN METODE
  5. HASIL
  6. PEMBAHASAN
  7. KESIMPULAN
  8. UCAPAN TERIMA KASIH

SISTIMARIKA ARTIKEL DARI HASIL TINJAUAN PUSTAKA :

  1. JUDUL
  2. NAMA PENULIS
  3. ALAMAT
  4. ABSTRAK (termasuk kata kunci) dalam bahasa Indonesia dan Inggris
  5. PENAHULUAN (memuat sub-sub judul sesuai dengan permasalahan yang dikaji)
  6. BAHAN DAN METODE
  7. PEMBAHASAN
  8. KESIMPULAN
  9. SARAN (bila diperlukan)

10.  DAFTAR PUSTAKA

Uraian Struktur Penulisan Artikel

JUDUL. Judul singkat dan jelas (bahasa Indonesia dan Inggris), maksimum 15 kata, nama penulis dan alamat penulis. Nama latin dan istilah asing lainnya di ketik dengan huruf miring.

Nama lengkap penulis diberi tanda angka dan dilengkapi dengan alamat lengkap penulis meliputi nama instansi dan e-mail

ABSTRAK. Ditulis dalam bahasa Inndonesia dan Inggris. Panjang abstrak tidak lebih dari 250 kata yang dituangkan dalam satu alinea yang mengandung ringkasan dari latar belakang dan tujuan penelitian, metodelogi, hasil dan kesimpulan

Kata kunci terdiri atas 3-5 kata. Ditulis dalam bahsan Indonesia dan Inggris. Nama latin atau istilah asing lainnya diketik dengan huruf miring.

PENDAHULUAN. Bagian pendahuluan berisi latar belakang disertai pengacuan pada pustaka-pustaka penting terkait dan diakhiri tujuan penelitian.

BAHAN DAN METODE. Bahan dan metode harus mencakup informasi mengenai tempat dan waktu penelitian, metode penelitian, dan analisis statistik yang digunakan.

Metode yang dilaksanakan (termasuk cara penggunaan alat) dituliskan secara terperinci bila belum pernah dipublikasikan. Metode yang sudah diterbitkan cukup dijelaskan prinsipnya disertai pustakanya.

HASIL. Hasil ditulis terpisah dari pembahasan. Pemaparan hasil tidak perlu disertai pustaka. Data yang sama tidak dapat disajikan dalam bentuk tabel dan gambar sekaligus, harus dipilih salah satu. Format tabel dan grafik dibuat dalam bentuk terbuka (tanpa garis batas). Mencamtumkan skala pengukuran pada gambar atau foto.

Judul tabel (di atas tabel) dan judul gambar (dibawah gambar) diberi nomor sesuai urutan pengacuannya dalan teks dan diawali dengan huruf besar selanjutnya huruf kecil dengan pengecualian sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku.

PEMBAHASAN. Pembahasan membahas hasil-hasil penting yang dipaparkan pada bagian hasil, dalam kaitan dengan perumusan masalah, tujuan dan hipotesis penelitian. Persamaan, perbedaan dan keunikan hasil penelitian yang diperoleh dibandingkan dengan informasi atau referensi terkini dalam bidang terkait. Di bagian akhir pembahasan dikemukakan implikasi bagi bidang terkait.

KESIMPULAN. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dengan memperhatikan perumusan masalah dan tujuan penelitian

UCAPAN TERIMA KASIH. Ucapan terima kasih disampaikan kepada penyandang dana dan pihak-pihak yang telah berjasa dalam penelitian hingga tulisan dihasilkan.

DAFTAR PUSTAKA. Daftar pustaka terdiri dari daftar referensi materi. Di sarankan 80% berupa referensi primer (artikel jurnal) dan setidaknya ada beberapa pustaka terbitan tiga tahun terakhir. Rujukan ditulis menurut sistem vancouver, diberi nomor urut sesui dengan urutan pemunculan dalam naskah. Rujukan majalah : Nama pengarang, judul artikel, nama majalah, tahun, volume dan tahun dan halaman. Rujukan Buku : Nama pengarang, judul buku, penerbit dan halaman yang dirujuk.

Contoh :

  1. Beier, J.C, Killeen, G.F, Githure J.I Short Report. Entomologic Innoculation Rates and Plasmodium falciparum Malaria Prevalence In Afrika. Am. J. Trop. Med Hyg. 1999.61 (1) 109-113
  2. Bruce-Chwatt, L.J. Essential Malariology. ELBS/William Heineman Med. Books Ltd.London.1985.

 
 

Privacy Statement

Names and email addresses entered on the journal site will be used exclusively for the purpose of journals that have been mentioned and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 


Jurnal Penyakit Bersumber Binatang (p-ISSN: 2338-8978, e-ISSN: 2354-8851), Diterbitkan oleh: Loka Litbang P2B2 Waikabubak

Visitor :

web analytics

View My Stats

This Journal has been indexed by:

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.