GAMBARAN PENGETAHUAN WANITA USIA SUBUR TENTANG TOXOPLASMOSIS DI KOTA PALU

Phetisya Pamela Frederika Sumolang, Intan Tolistiawaty, Rosmini Rosmini, Gunawan Gunawan, Ketut Suarayasa, Nelfita Nelfita, Made Agus Nurjana

GAMBARAN PENGETAHUAN WANITA USIA SUBUR TENTANG TOXOPLASMOSIS DI KOTA PALU

Abstract


Toxoplasmosis disebabkan oleh Toxoplasma gondii, yang sangat berbahaya khususnya pada wanita usia subur (termasuk wanita hamil), karena dapat mengakibatkan abortus spontan, partus prematures, kematian janin dalam kandungan, ataupun melahirkan bayi dengan Toxoplasma congenital. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret - Oktober 2012 dengan tujuan menggambarkan pengetahuan wanita usia subur tentang toxoplasmosis di Kota Palu, dengan desain studi cross sectional. Total sampel sebanyak 396 yang berasal dari delapan puskesmas di Kota Palu. Wawancara dengan kuesioner dilakukan untuk mendapatkan data yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa hanya 94 (23,7%) wanita yang tahu atau pernah mendengar tentang toxoplasmosis, 34 (34,7%) tidak mengetahui cara penularan, 17 (17,3%) tidak tahu cara pencegahan, dan 7 (7,1%) tidak mengetahui binatang yang dapat menularkan toxoplasmosis. Hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan wanita usia subur di Kota Palu tentang Toxoplasmosis masih sangat rendah. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyebarkan informasi tentang toxoplasmosis kepada masyarakat khususnya wanita usia subur, agar masyarakat dapat meningkatkan tindakan untuk mencegah toxoplasmosis.

Kata kunci: Pengetahuan, Wanita Usia Subur, Toxoplasmosis, Kota Palu


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



View JEK Statistics

Lisensi Creative Commons
Jurnal Ekologi Kesehatan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Ekologi Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Ecology, p-ISSN: 1412-4025, e-ISSN: 2354-8754) has been indexed by: