HUBUNGAN OBESITAS DAN PENYAKIT KRONIS TERHADAP PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN (ANALISIS DATA RISKESDAS DAN SUSENAS 2007)

Andi Leny Susyanty, Pujiyanto Pujiyanto

HUBUNGAN OBESITAS DAN PENYAKIT KRONIS TERHADAP PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN (ANALISIS DATA RISKESDAS DAN SUSENAS 2007)

Abstract


Obesitas merupakan salah satu faktor resiko terjadinya beberapa penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular, diabetes dan kanker yang dapat menimbulkan beban biaya yang sangat besar dimasyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar hubungan obesitas terhadap risiko terjadinya penyakit kronis dan pemanfaatan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan.Penelitian dilakukan dengan melihat sifat endogenitas dari obesitas dan keadaan penyakit kronis pada responden dalam hubungannya dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan. Responden penelitian adalah individu berusia ≥18 tahun dan tidak hamil. Jumlah responden sebanyak 602.012 orang. Probit model digunakan untuk estimasi faktor resiko obesitas dan penyakit kronis. Untuk estimasi pemanfaatan pelayanan kesehatan digunakan Generalized Method of Moment (GMM) sebagai model terpilih.Hasil estimasi dengan metode GMM menunjukan bahwa penyakit kronis berhubungan positif dengan frekuensi rawat jalan dan lama hari rawat inap di fasilitas kesehatan dengan koefisien estimasi berturut-turut 1,1062 dan 2,4075 dan P value < 0,01. Hasil estimasi juga menunjukkan bahwa obesitas berhubungan negatif dengan frekuensi rawat jalan dan lama hari rawat inap dengan koefisien estimasi berturut-turut -0,8502 dan -0,5031 dengan P value < 0,01. Obesitas merupakan faktor risiko terjadinya penyakit kronis, namun estimasi pemanfaatan pelayanan kesehatan oleh orang yang obes menunjukkan hubungan yang negatif. Sementara orang dengan penyakit kronis menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan dengan pemanfaatan pelayanan. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran orang obes di Indonesia terhadap risiko terjadinya penyakit kronis masih rendah. Selain adanya penyakit kronis, faktor sosial ekonomi terutama adanya jaminan kesehatan masih dominan dalam hubungannya dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



View JEK Statistics

Lisensi Creative Commons
Jurnal Ekologi Kesehatan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Ekologi Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Ecology, p-ISSN: 1412-4025, e-ISSN: 2354-8754) has been indexed by: