FAKTOR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN JAMU SAINTIFIK

Herti Maryani, Lusi Kristiana, Weny Lestari

Abstract


Basic Health Research year 2013 showed that use of traditional health services was still very high. People required traditional health services that were safe, effi cacious and qualifi ed to avoid disadvetages because of misleading information or unjustifi ed health services. For the reasons, government decided “Saintifi kasi Jamu” (Scientifi c herbal) in 2010. The study aimed to analyze consumer behavior on decision making for using “Saintifi kasi Jamu”. It was carried out at the Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat (BKTM) Makassar and Colomadu I Primary Health Center, in Karanganyar year 2015. Samples were selected by consecutive sampling based on patient’s visit to the health services with a total sample of 30 people at each the health service. The decision-making process was analized descriptively. Respondent characteristics of the jamu consumers were mostly older ages (45-55 years) and with high education level. Reasons among respondents to visit herbal traditional services were because of sick and considered that the jamu had no side effect. The source of information that infl uenced respondents were families, friends, neighbours, aqcuaitances, and health providers were likely because familiar. Respondent’s considerations about jamu were all about the benefi t, and all of them satisfi ed as a jamu consumer or good quality. Consumer behavior analysis that the respondents still seek traditional health service, the scientifi c herbal, if get illness; the reasons were that the jamu had no side effect and its benefi ts. Respondents were satisfi ed after use the jamu and very loyal to the jamu products. Socialization of the scientifi c herbal in primary health centers and the rank health facilities should be improved.

 

ABSTRAK

Riskesdas 2013 menyatakan bahwa pemanfaatan pelayanan kesehatan tradisional masih sangat tinggi di masyarakat. Masyarakat memerlukan pelayanan kesehatan tradisional yang aman, berkhasiat dan berkualitas, supaya terhindar dari hal yang merugikan akibat informasi menyesatkan atau pelayanan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Untuk memenuhi kebutuhan pemerintah mencanangkan Saintifi kasi Jamu (SJ) pada tahun 2010. Penelitian ini bertujuan menganalisis perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan penggunaan jamu yang saintifi k. Penelitian dilakukan di Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat (BKTM) Makassar dan Puskesmas Colomadu I, Kabupaten Karanganyar pada tahun 2015.Cara pengambilan sampel adalah Consecutive Sampling (sampling berdasarkan kedatangan pasien ke tempat pelayanan), dengan jumlah sampel sebesar 30 orang di setiap lokasi penelitian. Analisis proses pengambilan keputusan dilakukan secara deskriptif. Karakteristik responden pengguna jamu terbanyak adalah usia lanjut (45–55 tahun) dan berpendidikan tinggi. Alasan responden datang ke pelayanan obat tradisional adalah karena sakit dan responden menganggap jamu tidak ada efek samping. Sumber informasi yang mempengaruhi responden dari keluarga, teman, tetangga, kenalan, dan petugas kesehatan kemungkinan karena familiar. Responden mempertimbangkan manfaat dari jamu dan setelah menggunakan jamu responden merasa puas atau kualitas terjamin. Analisis perilaku konsumen menyatakan bahwa responden masih mencari pengobatan tradisional (jamu saintifi k) bila sakit dengan alasan jamu tidak ada efek samping dan hal utama yang  dipertimbangkan adalah manfaat dari jamu. Sumber informasi pribadi merupakan informasi utama dalam membeli jamu. Responden merasa puas setelah menggunakan jamu dan mempunyai loyalitas cukup tinggi terhadap jamu. Sosialisasi pelayanan Jamu tersaintifi kasi di puskesmas dan jajarannya perlu ditingkatkan.

 


Keywords


Consumer behavior, decision-making, saintifi kasi jamu

References


Abubakar, Rusydi. 2005. Pengaruh Pelaksanaan Bauran Pemasaran terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen pada Jamu Di Banda Aceh. Jurnal Sistem Teknik Industri. 6 (3). Tersedia pada repository.usu. ac.id >bitstream [diakses 1 Pebruari 2016].

Anonim. 2011. Mengenal Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia, Tersedia pada: http://www.gizikia. depkes.go.id. [diakses 6 Pebruari 2014].

Ali Ahmad, Fachrudin. 2012. Analisis Penggunaan Jamu untuk Pengobatan Pada Pasien di Klinik Saintifi kasi Jamu Hortus Medicus Tawangmangu Tahun 2012. Tesis. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Program Sarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat Depok, Universitas Indonesia.

Djamaludin, dkk. 2009. Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Jamu Gendong di Kota Sukabumi. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 2 (2), 174–184.

Fitriyah, K.N. dan Supriyanto, S. 2003. Analisis Perilaku Konsumen di Rawat Inap Obstetri Ginekologi Rumah Sakit Islam Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia Volume 1 Nomer 1 Januari–Maret 2013.

Indonesia. Undang-Undang Peraturan, dsb. 2014. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional. Jakarta.

Istiqomah, Nurul. 2012. Persepsi Kualitas dengan Keputusan Pembelian pada Konsumen Produk Jamu “X” di Dusun Nologaten. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Kartikasari, D, Arifi n, Z, dan Hidayat, K. 2013. Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Tersedia pada:http//administrasibisnisstudentjournal. ub.ac.id.[diakses 1 pebruari 2016].

Kementerian Kesehatan RI. 2013. Kinerja Program Saintifi kasi Jamu. Laporan Program. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT). Jakarta, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Kementerian Kesehatan RI. 2010. Permenkes RI Nomor: 003/Menkes/Per/2010 tentang Saintifikasi Jamu dalam Penelitian Berbasis Pelayanan Kesehatan. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. 2013. Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol; alih bahasa Hendra Teguh, Ronny Antonius Rusli. Jakarta, Prenhallindo.

Mulyana, M. dan Syarif, R. 2007. Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen terhadap Pembelian Produk. Studi Kasus Produk Susu Kental Manis Cokelat Indonesia pada Konsumen Jakarta. Jurnal Ilmia Kesatuan, Nomor 2 Volume 9, Oktober 2007.

Muslimin L, Wcaksena B, Setyawan B, dkk.2012. Kajian Potensi Pengembangan Pasar Jamu. Puslibang Perdagangan dalam Negeri, Jakarta. Badan Litbang Perdagangan dan Kementerian Perdagangan.

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta:.Rineka Cipta.

Rayendratama, RR. 2012. Analisis Perilaku Konsumen dalam Proses Keputusan Pembelian Handphone Blackberry. Bogor: Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian.

Rukismono, M. 2011. Pengaruh Perilaku Konsumen dalam Mengambil Keputusan Memilih Jasa Transportasi Udara Lion Air di Surabaya. Jurnal Kewirausahaan. 5 (2).

Sari, Y.D. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Industri Garment. Fakultas Ekonomi Udayana (Unud), Bali, Indonesia. Tersedia pada: http//ojs.unud.ac.id [diakses 1 pebruari 2016].

Setiadi, Nugroho J.2013. Perilaku Konsumen Perspektif Komtemporer pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen. Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran Edisi 2. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Suharmiati dkk. 2004. Model Pembinaan Pengecer Obat Tradisional Terkait dengan Penyalahgunaan Bahan Kimia Berkhasiat Obat (Studi Kasus di Dua Kota Provinsi Jawa Tengah dan Dua Kota/Kab. Provinsi Jawa Timur). Suranaya: P4TK.

Triwijayati, Anna dan Koesworo, Yulius. 2006. Studi Sikap Dan Niat Konsumsi Jamu Pahitan Di Surabaya. Jurnal Widya Manajemen & Akuntansi, 6 (1). 17–41.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Buletin Penelitian Sistem Kesehatan (Bulletin of Health System Research, ISSN 1410-2935. e-ISSN 2354-8738) published by Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Indexed on:

http://ejournal.litbang.depkes.go.id/public/site/images/tanto-hsr-man/doaj_cilik_160

Visitor Number : 

shopify traffic stats
View My Stats

Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License..