QUALITY OF HEALTH CARE IN MATERNAL PERIOD

Cholis Bachroen

QUALITY OF HEALTH CARE IN MATERNAL PERIOD

Abstract


Studi ini merupakan analisis lanjut yang memanfaatkan data Survei kesehatan Rumah Tangga (SKRT 1995) yang berkaitan dengan data kesakitan dan kematian ibu (maternal). Kualltas pelayanan kesehatan selama kehamilan, persalinan dan pasca melahirkan diukur dengan memakai indikator proxy yang dapat diperoleh dari data SKRT 1995. Kerangka plkir analisis menuju pada kerangka konsep yang dikembangkan oleh Meearthy dan Maine, sedangkan analisis statistik yang diterapkan dalam anallsis dua variabel dan multiple logistik regression.

Dari studi ini nampak bahwa kualitas pelayanan semasa kehamilan perlu ditingkatkan baik di Jawa maupun diluar Jawa, mengingat masih lebarnya kesenjangan antara K1 dan K4 (antara 78,5% dan 48,6 %) pada lima tahun terakhir. Disamplng ltu proporsi ibu melahirkan yang ditolong oleh tenaga kesehatan relatif masih rendah, yaltu 28,2% di Jawa dan 24,1% di luar  Jawa. Sedangkan  proporsi  ibu  dan  bayi yang perlksa untuk pasca persalinan di tenaga kesehatan juga maslh relatif rendah (kurang dari seperempat). Faktor-faktor yang berpengaruh pada pelayanan semasa kehamilan, persalinan dan pasca persalinan adalah tingkat pendidlkan dan lokasi tempat tinggal ibu. Ibu dengan tingkat pendidlkan leblh tinggi dan berdomisili diperkotaan leblh cenderung memilih tenaga penolong yang lebih profesional.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Buletin Penelitian Sistem Kesehatan (Bulletin of Health System Research, ISSN 1410-2935. e-ISSN 2354-8738) published by Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Indexed on:

http://ejournal.litbang.depkes.go.id/public/site/images/tanto-hsr-man/doaj_cilik_160

Visitor Number : 

shopify traffic stats
View My Stats

Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License..