BERBAGAI JENIS TUMBUHAN YANG BERKHASIAT SEBAGAI OBAT KECACINGAN

Maria Holly Herawati, Nurhasnah Husin

BERBAGAI JENIS TUMBUHAN YANG BERKHASIAT SEBAGAI OBAT KECACINGAN

Abstract


Data jumlah kecacingan di Indonesia termasuk cukup besar terutama penderita kecacingan pada anak-anak. Tapi belum merupakan masalah kesehatan masyarakat yang serius. Tetapi dampaknya secara tidak langsung dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Di daearah dengan lingkungan kumuh dengan kasus cacingan pada anak-anak tinggi, kebijaksanaan pemerintah untuk memberantas kecacingan pada masyarakat adalah dengan memberikan obat cacing secara cuma-cuma dengan kasus preositas prigram. Beberapa cacing yang menjadi parasit manusia di Indonesia sangat beragam dan sudah diinventarisir.

Dari hasil studi perpustakaan yang penulis lakukan, belum ada obat tradisional yang spesifik untuk cacing tertentu, dan hanya disebutkan secara umum. Oleh karena itu sangat diperlukan penelitian penelitian tentang hal itu.

Macam-macam obat tradisional untuk kasus kecacingan banyak terdapat di Indonesia, baik yang sudah dijadikan obat kimia maupun masih merupakan obat tradisional murni. Keanekaragaman tersebut perlu dimanfaatkan sebagai obat-obatan altematif untuk sistem pemberantasan kecacingan di Indonesia, disamping murah dan mudah didapat karena ada dimana-mana, juga dapat mengikutsertakan masyarakat serta mengurangi subsidi pemerintah.

Data puskesmas mengenai penggunaan obat-obat cacing sebagai altenatif sangat diperlukan, begitu juga pengetahuan petugas kesehatan mengenai berbagai macam obat tersebut serta cara penggunaannya, karena mereka itu adalah ujung tombak kesehatan yang paling depan.

Akan dicantumkan juga data pengetahuan 100 penjual jamu untuk obat-obat tradisional khusus kecacingan. Apa saja obat tradisional yang dipakai. Hal ini perlu untuk mengambil kebijaksanaan dalam memprospek obat-obat tradisional khusus obat cacing.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Media of Health Research & Development)Indexed on:

p-ISSN: 0853-9987
e-ISSN: 2338-3445
Published by: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
Jalan Percetakan Negara No.29
Jakarta Pusat 10560
Indonesia



Visitor of MPK : View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
Copyright©2016-Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan