Gender as a predictor for academic achievement

Endang Lestari

Gender as a predictor for academic achievement

Abstract


Latar belakang: Profesionalisme adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh profesi dokter agar dapat menjaga kepercayaan masayarakat pada profesi ini. Mengembangkan atribut profesionalisme selama masa studi merupakan langkah yang dapat dilakukan oleh institusi pendidikan untuk mengembangkan profesionalisme siswa. Meskipun demikian, professionalism mungkin tidak hanya berpengaruh pada kinerjanya sebagai dokter kelak, namun juga akan berpengaruh pada kinerja ketika masih menjadi mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan antara faktor demografi dan atribut profesionalisme dengan keberhasilan akademik siswa.

Metode: Subjek penelitian potong lintang ini terdiri dari mahasiswa tahun ke 4 Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (FK Unissula) Semarang semester Tahun ke empat. Data mengenai atribut profesionalisme dinilai dengan menggunakan inventory “Penilaian profesionalisme mahasiswa kedokteran”, yang disusun dengan menggunakan metode Delphi oleh beberapa ahli dari berbagai bidang. Data mengenai keberhasilan akademik siswa yang diketahui dari indeks prestasi akademik (IPK) dikumpulkan dari Unit IT FK Unissula. Data dianalisis memakai regresi Cox dengan waktu yang konstan menggunakan STATA versi 9.

Hasil: Sebanyak 86.25% (207 dari 240) mahasiswa berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil akhir analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat satupun atribut profesionalisme yang merupakan prediktor keberhasilan akademik yang dicerminkan IPK. Meskipun demikian, gender merupakan faktor yang dapat memprediksi keberhasilan akademik mahasiswa FK Unissula. Mahasiswa perempuan dibandingkan mahasiswa laki-laki 35% lebih tinggi mendapat nilai IPK [risiko relatif suaian (RRa) = 1, 35; 95 interval kepercayaan (CI) = 1, 05-1, 74).

Kesimpulan: Mahasiswa perempuan dibandingkan laki-laki lebih berhasil untuk mendapatkan nilai indeks prestasi kumulatif. (Health Science Indones 2010; 1: 43 - 50)

Kata kunci: gender, atribut penting profesionalisme, keberhasilan akademik mahasiswa

 

Abstract

 

Background: Professionalism is central to maintaining public’s trust in medical profession. Building professionalism during their study time in medical education is possible method to equip students with core attributes of professional behavior of doctor. However, the professional practice might influence not only their future job, but also their recent performance as students. This study aimed to identify the correlation between students’ demographic factors and core attributes of professionalism related to good grade point average achievement.

Methods: Fourth year students of Faculty of Medicine Universitas Islam Sultan Agung Islamic in Semarang Indonesia took part in this cross sectional study. The core attributes of professionalism were assessed using short inventory “Assessment of Medical Student Professionalism”, which was developed by some experts using Delphi method. The students’ grade point average (GPA) data were collected from the Information Technology Unit of the faculty. Analysis data using Cox-regression with constant time.

Results: A total amount of 207 (out of 240) students participated in this study. Our final model indicates that none of the core attributes professionalism which predicts good grade point average (GPA) achievement. Female than male students had 35% increased to be good GPA achievement [adjusted relative risk (RRa) = 1.35; 95% confidence interval (CI) = 1.05-1.74].

Conclusion: Female but none of the core attribute of professionalism students was noted to increase academic grade point average. (Health Science Indones 2010; 1: 43 - 50)


Keywords


gender, core attributes of professionalism, academic achievement

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---

Health Science Journal of Indonesia

p-ISSN: 2087-7021
e-EISSN: 2338-3437

Published by : Badan Litbang Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI

Visitor of HSJI: View HSJI Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Health Science Journal of Indonesia has been indexed by :